10 Kebiasaan Baik Menjaga Kesehatan Jantung

Diposting pada

Penyakit jantung menjadi salah satu momok penyakit bagi beberapa kalangan khususnya penikmat makanan yang banyak kolesterol. Penyakit ini tiap tahunnya terus meningkat loh, dari sebelumnya 17 juta per tahun namun pada tahun 2030 akan berada pada angka 23 juta per tahun. Oleh karena itu, kita dianjurkan menjaga kesehatan jantung untuk lebih baik lagi.

Berikut ini 10 kebiasaan untuk menjaga kesehatan jantung

1. Perhatikan Gejalanya

Perhatikan gejala yang mungkin timbul dari penyakit ini biar kamu mendapatkan penanganan segera. Salah satu ciri yang paling sering terjadi adalah jantung berdebar lebih kencang dari pada biasanya.

2. Rutin Olahraga

Rutin olahraga dengan minimal 30 menit per hari selama seminggu akana sangat membantu menyehatkan jantungmu. Olahraganya juga tidak perlu terlalu ribet, cukup lari pagi ataupun bahkan dengan lari pagi juga sudah cukup. Jika ingin hasil lebih maksimal maka kombinasikan dengan berenang, yoga bertinju biar lebih maksimal.

3. Cek tekananan darah secara reguler

Rutin mengecek tekanan darah akan sangat membantumu mengetahui kualitas jantungmu. Jika ada tanda – tanda bahwa tekanan darahmu mulai tinggi maka cepat lakukan penanganan segera untuk mendapatkan pertolongan tercepat.

4. Hindari makanan kolesterol

Kolesterol dan jantung sangat dekat sekali hubungannya. Jika kadar kolesterolmu sudah mencapai 200 mg/dL maka sebaiknya kamu berhati – hati.

5. Perbanyak minum air putih

Minum air putih akan menyegarkan tubuhmu setelah melakukan aktifitas. Pastikan minum air putih cukup namun saat kamu sudah terkena jantung maka sebaiknya kamu tanyakan dulu pada dokter mengenai takaran air yang bisa kamu minum.

6. Banyak makan sayur dan buah.

Makanan berserat akan menurunkan risiko kolesterol karena sayur bisa membuang kolesterol dalam darahmu. Kamu cukup makan makanan yang sehat biar semuanya makin sehat.

7. Waspadai Stress

Kamu doyan stress maka akan memicu jantung memompa lebih kencang. Jadi kinerja jantung akan makin maksimal sehingga bisa berimbas pada sakit jantung.

8. Berhenti merokok dan kebiasaan buruh lainnya.

Inilah yang paling penting dari pada hal lainnya. Kamu sebaiknya berhenti merokok, minum obat – obatan, miras dan berbagai hal lainnya yang tidak sehat. Tidak ada solusi instant, semua butuh proses yang tepat untuk mendapatkan hal yang paling tidak diharapkan.

9. Panggil dokter jantung jika dibutuhkan.

Kamu bisa menggunakan berbagai jasa panggil dokter jantung ke rumah untuk mendapatkan perawatan yang tepat dan baik. Tidak hanya terbatas pada perawatan level 1 bahkan hingga level 3 yang membuatnya lebih baik lagi.

Sekarang, mulailah hidup sehat untuk menghasilkan hidup lebih bermakna. Biasanya dalam kasus jantung akan disertai dengan sedikit luka maka dari itu jika butuh perawat luka maka juga bisa panggil ke rumah. Mana tau lebih membutuhkan dari pada yang lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *