4 Cara Mengetahui Kabel Nya 1.5 MM yang Asli Perlu Anda Ketahui

supreme cabel merahPada saat ini kebutuhan listrik untuk kehidupan sehari-hari makin tinggi sehingga tidak jarang dari pebisnis untuk terjun ke dalam dunia kelistrikan, apalagi saat ini banyak orang mengetahui banyak keuntungan yang dapat diraup dari berbisnis listrik.  Tapi tidak jarang kita dapat menemukan kecurangan dari oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab hanya untuk mendapat keuntungan yang begitu besar. Biasanya alat listrik yang sering dijadikan bahan tiruan adalah kabel. (baca juga: Masking Tape)

Tentu jika kita menggunakan kabel yang tiruan dan imitasi sangat berbahaya karena kabel merupakan bagian listrik yang sering kita gunakan setiap harinya, jika kabel yang digunakan salah dan tidak dapat dipercaya mutu dari barang tersebut dapat menyebabkan kebakaran yang bisa membahayakan kita kapan saja. Untuk itulah kita perlu mengetahui bagaimana contoh dari kabel imitasi untuk terhindari dari hal yang tidak diingankan. Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengetahui kabel tersebut palsu atau tidak: (baca juga: harga kabel NYA)

  • Perhatikan Ukuran pada Konduktor

Untuk mengetahui apakah kabel tersebut imitasi atau tidak adalah dari konduktornya, bila konduktor yang digunakan tipis sedangkan kabel yang digunakan berukuran besar, maka hal ini patut dicurigai bahwa kabel tersebut imitasi. Tetapi hal ini tidak berlaku jika pada merek NYA yang seharusnya memiliki konduktor yang berukuran lebih besar dibanding dengan kabel jenis lain yang lebih kecil. Hal ini diperlukan ketelitian saat memeriksa kabel yang ingin dibeli.

Kabel yang imitasi biasanya tidak mempunyai isolator yang bagus seperti kabel asli yaitu kabel NYA salah satunya. Kabel NYA tersusun dari PVC yang merupakan isolatornya. Hal ini dapat dipastikan bahwa isolatornya kuat, termasuk untuk menahan panas konduktor pada saat digunakan. Untuk meyakini isolator soal hal ini anda dapat mengupasnya sedikit, bila gampang terkelupas, maka dapat jadi PVC yang digunakan merupakan yang berkualitas buruk, juga bahkan bukan termasuk PVC asli. Bila isolator yang berkualitas buruk, maka kabel akan gampang lecet dan berbahaya saat mengelupas. Karena kabel yang mengelupas sangat mudah mengalami konsleting yang dapat menyebabkan kebakaran. (baca juga: kabel NYA 1.5 mm)

  • Cek Kawat Penghantar

Tidak hanya perlu untuk melihat ukuran dari konduktor, poin lain untuk mengetahui apakah kabel itu imitasi adalah dari kawat penghantar. Biasanya kabel mempunyai kawat penghantar yang terbuat dari alumunium murni yang telah dilapisi tembaga.  Maka jika sesuai dengan itu kabel tersebut dapat dikatakan memenuhi SNI tentang kabel asli. Untuk memeriksanya dapat dilakukan dengan mengerok isolator kabel dan memeriksa langsung pada bagian dalam kabel. Bila kawat penghantar kabel yang digunakan bukan dari aluminium murni maka perlu dikhawatirkan apakah kawat itu mempunyai hambat jenis yang besar sehingga dapat panas ketika digunakan. Karena kabel yang panas dapat menyebabkan kebakaran dan juga dapat menyebabkan konslet yang bisa membahayakan.

Maka mulai hal yang terdekat dari kita seperti di rumah maka kita harus mengetahui apakah kabel yang kita gunakan tersebut imitasi atau asli apalagi kabel yang sering digunakan di rumah. Dengan adanya kabel NYA yang berukuran 1.5 mm yang merupakan umum digunakan pada setiap  perangkat elektronik yang terdapat di rumah.

  • Cek Nomor Registrasi Produk (NRP)

NRP dapat ditemui pada setiap produk yang terdapat di Indonesia, bila kabel yang anda beli tidak memiliki NRP dapat dipastikan bahwa kabel tersebut bukan kabel SNI yang merupakan layak pakai atau bisa juga kabel palsu. Anda dapat memeriksa NRP dengan memasukkan NRP kabel tersebut di web kementerian perdagangan, karena NRP telah diterbitkan oleh kementrian perdagangan. Sama halnya dengan kasus saat anda mengecek produk makanan dan kosmetik pada BPOM. (baca juga: sambungan kabel listrik)

  • Cek Logo SNI

Kabel yang asli pasti memiliki logo SNI pada kemanasannya atau di dalam kabel. Bila anda tidak menemukan logo SNI pada kabel dapat dipastikan kabel tersebut palsu dan tidak bagus, tetapi pada saat ini tidak jarang banyak orang meniru logo SNI untuk menarik mina pembeli. Maka sangat diperlukan ketelitian dan pengetahuan tentang logo SNI pada setiap merek kabel yang tersedia untuk memeriksa apakah kabel tersebut asli atau palsu. (baca juga: harga kabel NYAF)

Kabel NYA adalah kabel yang dapat paling sering di jumpai di rumah. Kabel ini memiliki ciri-ciri seperti terdiri dari tembaga yang terdapat pada konduktornya dan juga terdapat selubung luar atau disebut juga isolator.  Untuk ukuran pada kabel NYA yang biasa terdapat pada pasaran adalah ukuran 1.5 mm dan 2.5 mm, untuk membedakan kedua jenis kabel tersebut hanya pada ukuran konduktornya. Jika ukuran konduktor pada kabel semakin besar, maka arus yang dihasilkan pada kabel jiga akan semakin besar. Pada kabel NYA 1.5 mm juga terdiri dari tembaga tunggul yang berukuran 1.35 mm sampai 1.38 mm, selebihnya adalah isolator dari kabelnya. Kabel NYA juga memiliki variasi warna yang lebih beragam yaitu warna biru, merah, hitam, kuning, biru dan kuning bergaris hijau. (baca juga: supreme kabel)

Itulah cara-cara mengetahui apakah kabel NYA yang anda beli asli atau palsu. Tetapi tenang saja, anda tidak akan menemukan barang palsu di tokokabel.co.id karena kami telah menjami keaslian dari produk yang kami sediakan, karena kami merupakan agen alat listrik yang telah terpercaya dan distributor langsung. Anda tidak perlu ragu dengan berbelanja di tempat kami, cukup dengan melirik ke produk-produk di website kami untuk melihat merk kabel NYA yang telah kami sediakan. Untuk info lebih lanjut anda dapat menghubungi kontak yang di website kami. (baca juga: harga kabel listrik per meter)

, , , ,
Hubungi Kami
kontak

TokoKabel.co.id

Mal Taman Palem lt.2 blok C no.65
JL. Kamal Raya, Cengkareng, RT.13/RW.10, Cengkareng Timur, Cengkareng, Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11730
Phone : 021 - 54352156
Call / Sms : 082113900880