Jual CCO – CCOS Connector Murah Original – Agen – Distributor

Dalam instalasi kabel baik kabel listrik maupun kabel jaringan yang dilakukan petugas PLN (Perusahaan Listrik Negara) dan Telkom dibutuhkan berbagai macam perlengkapan dan peralatan pendukung. Salah satunya yang paling dibutuhkan dan sering digunakan adalah konektor atau sambungan, suatu alat yang digunakan untuk menyambungkan satu konduktor dengan konduktor lainnya. Atau menghubungkan satu jaringan kabel dengan jaringan kabel lainnya. Dalam distribusi energi listrik ini merupakan hal yang mutlak diperlukan agar energi listrik dapat disalurkan dengan baik.

CCO connector

CCO - CCOS Connector

CCO Connector ( Sambungan Tipe CCO ) adalah sambungan konduktor yang terbuat dari bahan alumunium. Gunanya untuk menghubungkan jaringan konduktor alumunium dengan konduktor alumunium tanpa beban tarik.

Untuk mencegah oksidasi alumunium tersebut diberi minyak grease. Ada beragam jenis konektor yang tersedia untuk keperluan instalasi kabel. Salah satunya adalah CCO connector atau CCOS connector yang merupakan singkatan dari compression connector yang akan kita bicarakan pada artikel ini. Sesuai namanya konektor ini mengandalkan metode kompresi dalam membentuk sambungan antar kabel. Jadi kabel-kabel yang akan disambungkan dimasukkan pada ruang yang telah tersedia dan kemudian dikompres sehingga kabel terpasang dengan erat pada konektor dan terhubung dengan baik. Dengan metode kompresi ini sambungan yang terbentuk menjadi lebih erat dan energi listrik yang disalurkan menjadi lebih optimal. (Baca juga: cco ccos connector).

Jika anda membutuhkan konektor ini anda dapat langsung mengunjungi gerai tokokabel yang beralamat di Mal Taman Palem Cengkareng. Kami menyediakan CCO connector dalam berbagai ukuran sehingga dapat memenuhi seluruh kebutuhan anda. Selain lengkap barang-barang yang dijual di tokokabel juga terjamin keasliannya dan dibanderol dengan harga yang relatif murah dan terjangkau. Diantara ukuran CCO connector yang tersedia di tokokabel adalah (dalam milimeter2):

  • 10-16 / 10-16
  • 10-16 / 25-35
  • 25-35 / 25-35
  • 10-16 / 50-70
  • 25-35 / 50-70
  • 50-70 / 50-70
  • 50-70 / 120-150
  • 120-150 / 120-150
  • 50-70 / 150-240
  • 120-150 / 150-240
  • 150-240 / 150-240
  • 50-70 / 185-300
  • 120-150 / 185-300
  • 185-300 / 185-300

Dimana ada dua ukuran untuk masing-masing ruang atau bagian pada konektor.

Jenis CCO Connector

Umumnya konduktor atau kabel yang digunakan dalam instalasi jaringan listrik terbuat dari bahan tembaga dan aluminium. Begitu pula dengan CCO connector yang dijual di pasaran, juga tersedia dalam 2 jenis yaitu:

  1. CCO connector bahan tembaga (CCO Connector Cu)
  2. CCO connector bahan aluminium (CCO Connector Al)

Jenis CCO Connector yang akan kita bahas pada artikel ini adalah yang berbahan dasar aluminium. Konektor jenis ini digunakan untuk menghubungkan atau menyambungkan kabel aluminium yang satu dengan kabel aluminium lainnya sehingga terbentuk sambungan yang diinginkan dengan kualitas maksimal. Dimana energi listrik yang disalurkan tidak banyak terbuang selama proses distribusi hingga sampai ke konsumen. Misalnya pada pembuatan sambungan antar jaringan listrik atau ketika membuat percabangan dari suatu jaringan listrik. Karena dalam instalasi kabel membuat percabangan dan sambungan dengan kualitas yang baik merupakan hal yang mutlak dan sering dilakukan.

Untuk diketahui, sebelumnya pada instalasi terutama instalasi sambungan listrik ke rumah-rumah penduduk digunakan konektor jenis tap connector. Namun karena rugi-rugi atau kehilangan energi listrik selama perjalanan yang dihasilkan cukup besar sehingga diganti dengan CCO connector. Dengan menggunakan konektor ini diharapkan kerugian atau beban Tarik dapat diminimalisir atau dihilangkan sehingga kerugian akibat kehilangan energi listrik dapat dikurangi.

Meskipun bahan aluminium tidak mudah teroksidasi seperti besi namun untuk ketahanan yang lebih awet sambungan aluminium pada CCO connector tetap diberi minyak grease sebagai pelumasnya. Minyak grease sendiri secara umum digunakan sebagai pelumas yang terbuat dari minyak nabati atau minyak mineral dan diolah bersama zat-zat kimia lainnya.

CCO connector atau yang di dunia internasional dikenal dengan istilah H-Clamp/Connector memiliki bentuk seperti silinder melebar yang memiliki dua ruang atau bagian yang memiliki sekat untuk menempatkan kabel dimana ruang ini bisa dibuka dan ditutup. Sekilas mirip seperti teropong. Jika kedua ruangnya dibuka maka konektor ini akan terlihat seperti huruf H sehingga dinamai pula H-Clamp. Kedua ruang pada CCO connector dapat memiliki ukuran yang sama dan dapat pula berbeda dimana pengguna dapat menyesuaikan sesuai dengan kebutuhannya. CCO connector menjadikan proses penyambungan konduktor menjadi lebih sederhana dan lebih mudah serta memungkinkan untuk proses penghantaran listrik yang optimum.

Cara Pemasangan

Meskipun sebagian pembaca bukanlah dari kalangan teknisi listrik tidak ada salahnya untuk mengetahui cara pemasangan kabel pada CCO connector. Pada dasarnya pemasangan CCO connector tidaklah sulit, kita dapat membaginya dalam 2 tahapan:

  1. Pertama ukur dulu kabel-kabel yang akan dihubungkan. Setelah itu pilih CCO connector yang sesuai dengan ukuran kabel-kabel tersebut. Ini penting dilakukan agar kabel dapat terpasang dengan baik pada konektor, tidak terlalu longgar dan tidak terlalu sempit. Jika terlalu longgar akan menyebabkan sambungan tidak erat sehingga akan mudah terlepas. Sementara jika terlalu sempit akan menyebabkan kabel menjadi rusak karena mendapat tekanan yang terlalu besar ketika dikompres. Jika tidak tersedia ukuran yamg sesuai dengan kebutuhan sebagian produsen alat listrik juga menerima pesanan khusus sesuai keinginan konsumen.
  2. Kemudian pasang kedua kabel yang dimaksud dan kompres menggunakan alat kompres khusus yang banyak tersedia di pasaran hingga erat. Dan kabel pun terpasang sempurna pada konektor.

Meskipun sederhana sebaiknya proses pemasangan konektor ini dilakukan oleh tenaga ahli yang berwenang dan sudah berpengalaman. Selain lebih mahir mereka juga memiliki peralatan yang lebih lengkap serta lebih tahu mengenai standar keamanannya. Jika kita sebagai orang awam coba-coba melakukannya dikhawatirkan dapat membahayakan keselamatan seperti tersetrum listrik atau dapat merusak kabel. Meskipun bukan termasuk listrik bertegangan tinggi namun akibatnya cukup berbahaya bagi keselamatan diri.

Jika anda tidak sempat datang ke toko kami karena terkendala waktu, jarak yang jauh, atau hal lainnya anda juga dapat memesan secara online di situs ini dengan mengambil menu Inquiry Online. Kemudian anda tinggal mengisi formulir pemesanan dengan mencantumkan data-data yang diperlukan seperti data diri dan alamat serta data pesanan yang meliputi jenis dan jumlah barang. Admin kami akan langsung memproses pesanan anda dengan cepat dan tepat ke alamat anda di seluruh Indonesia hingga ke pelosok daerah.

, , ,
Kontak
Hubungi Kami
kontak

TokoKabel.co.id

Mal Taman Palem lt.2 blok C no.65
JL. Kamal Raya, Cengkareng, RT.13/RW.10, Cengkareng Timur, Cengkareng, Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11730
Phone : 021 - 54352156
Call / Sms : 082113900880