Harga Kabel Listrik Supreme Ukuran 1×1,5 MM Paling Terbaru

supreme cabel hitamKabel listrik umumnya terdiri dari konduktor yang terbuat dari bahan tembaga. Sedangkan isolatornya bisa bervariasi, mulai dari PVC, nylon, silikon, dan campuran beberapa bahan. Bahan-bahan kabel ini memiliki komposisi berdasarkan kegunaannya. Kabel yang digunakan untuk perangkat elektronik biasa misalnya kabel power kulkas, kabel power tv, tentu saja berbeda dengan kabel yang biasa digunakan untuk menyambungkan gadget dengan speaker. Itulah mengapa, anda harus mengerti berbagai jenis kabel dan fungsinya. Karena dalam satu alat elektronik pun, bisa terdapat lebih dari satu jenis kabel.

Kabel listrik yang umum digunakan di Indonesia adalah merk Supreme. Supreme memiliki berbagai jenis ukuran sesuai dengan fungsinya masing-masing. Sebenarnya selain Supreme, masih banyak merk kabel yang tersedia di Indonesia. Namun anda perlu memahami tips untuk memilih kabel terbaik untuk peralatan listrik anda. Karena jika anda salah memilih kabel listrik, akan bisa menimbulkan bahaya pada lingkungan sekitar rangkaian listrik tersebut. Inilah beberapa tips untuk memilih kabel kualitas baik :

  • Bahan

Ini adalah hal pertama yang harus anda perhatikan. Umumnya kabel terdiri dari konduktor berbahan tembaga. Namun ternyata tembaga sendiri memiliki berbagai kualitas tergantung jenis kabelnya. Banyak juga tembaga yang telah dicampur dengan logam lain agar produksi lebih hemat. Karena itulah anda harus jeli memilih kabel tembaga dengan komposisi yang lebih banyak. Tembaga murni tentu saja memiliki kualitas yang lebih baik daripada tembaga yang telah dicampur dengan logam. Bagaimana cara mengecek kualitas tembaga pada kabel? Bakarlah kabel tersebut. Jika semakin banyak yang rontok karena terbakar, maka kandungan tembaga yang ada di kabel semakin sedikit. Tapi jika tidak ada yang rontok, maka kandungan tembaganya banyak sehingga kabel tersebut adalah kabel kualitas bagus.

  • Adanya timah

Timah ternyata menjadi bahan konduktor yang cukup baik. Adanya timah pada konduktor kabel berfungsi untuk mencegah karatan atau korosi. Jika kabel yang anda pilih terdapat campuran timah, maka itu menjadi keuntungan untuk anda karena kemungkinan kabel korosi sangat kecil.

Baca juga :

  • Ukuran kabel

Satuan besaran kabel adalah AWG (American Wire Gauge). Semakin besar ukuran kabel, maka arus yang bisa disalurkan semakin besar pula. Ukuran kabel ini bergantung pada alat listrik apa yang akan anda pasangi kabel. Untuk kabel power tentu saja berbeda dengan kabel earphone atau pun kabel charger. Tapi anda harus perhatikan khususnya untuk kabel berukuran besar. Jangan sampai konduktor kabelnya sedikit sedangkan yang lebih banyak adalah isolatornya. Rupanya banyak produsen kabel yang mencoba mengakali dengan cara seperti ini untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar.

  • Teknologi kabel

Kabel memiliki teknologi atau fitur tergantung produsennya. Adalah OFC yang merupakan kependekan dari Oxygen Free Cable. Artinya adalah tidak akan ada udara yang masuk dalam kabel. Kabel yang dilengkapi dengan teknologi ini tentu saja kabel yang berkualitas baik. Udara yang masuk ke dalam kabel dapat menyebabkan konduktor kabel korosi. Kabel yang dilengkapi dengan OFC biasanye memiliki 2 lapisan bahkan lebih.

  • Terminal kabel

Terminal kabel yang dilapisi emas cenderung lebih berkualitas baik daripada selain emas. Tapi tentu saja menawarkan harga yang lebih tinggi daripada yang lain. Arus listrik yang melali terminal berlapis emas ini akan lebih optimal. Sehingga peralatan listrik anda tetap bisa berfungsi dengan baik.

  • Memeriksa besarnya arus

Anda bisa memeriksa besarnya arus listrik yang lewat dalam suatu kabel dengan amperemeter. Jika arus listrik yang lewat dalam kabel tersebut maksimal (mendekati hitungan teori), maka kabel dikatakan bagus. Namun jika arus listrik yang terukur sangat jauh lebih kecil, bisa jadi kabelnya yang bermasalah. Antara lain bahwa kabel memiliki hambat jenis yang besar sehingga kurang optimal mengalirkan arus.

Itulah beberapa hal yang perlu anda perhatikan ketika hendak membeli kabel. Untuk kabel yang berkualitas baik, dengan ciri-ciri di atas, anda bisa memilih kabel Supreme. Kualitas kabel Supreme sudah tidak diragukan lagi. Karena itulah kabel Supreme banyak digunakan di Indonesia. Mulai dari instalasi listrik rumah tangga, industri, dan masih banyak lagi. Kabel Supreme memiliki teknologi terkini dengan standar kualitas sama seperti kabel listrik di Jepang. Ini karena Supreme memiliki pendiri yang berhubungan baik dengan perusahaan Jepang. Memiliki kabel yang awet memang harus dengan biaya yang lebih tinggi. Tapi biaya itu sebanding dengan ketahanan dan keawetan kabel listrik Supreme.

, , , , ,
Hubungi Kami
kontak

TokoKabel.co.id

Mal Taman Palem lt.2 blok C no.65
JL. Kamal Raya, Cengkareng, RT.13/RW.10, Cengkareng Timur, Cengkareng, Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11730
Phone : 021 - 54352156
Call / Sms : 082113900880