Keindahan Taman Laut Bunaken Manado

Menikmati Hamparan Pasir Putih di Taman Laut Bunaken Manado

Diposting pada

Keindahan Taman Laut Bunaken Manado – Terletak di antara dua benua dan dua samudra, Indonesia seakan menjadi sebuah negara yang menyimpan banyak keanekaragaman makhluk hidup yang begitu mempesona. Selain kaya akan alamnya, Indonesia juga merupakan negara kepulauan terbesar di dunia dengan total sekitar 17.984 pulau yang tersebar luas di berbagai kawasan di Nusantara. Dan salah satu dari banyak pulau tersebut yang menjadi ciri khas  wisata di Indonesia adalah Taman Laut Bunaken Manado yang sangat kaya akan ekosistem terumbu karangnya.

Kehidupan Biota Laut Bunaken, Manado – Indonesia

Pulau seluas 8,08 km² ini sendiri berlokasi di sebelah utara pulau Sulawesi dan juga merupakan bagian dari Kota Manado, Indonesia. Bisa Anda datangi dengan menggunakan jasa rental manado supaya lebih mudah. Hingga saat ini, Pulau Bunaken masih menjadi destinasi wisata yang populer baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Hal ini dikarenakan Pulau Bunaken memiliki Taman Laut Bunaken Manado, dimana merupakan salah satu tempat yang memiliki biodiversitas laut tertinggi di dunia.

Di dalam Taman Laut Bunakan, para pengunjung maupun wisatawan akan dipamerkan dengan penorama keindahan bawah laut yang begitu hidup dan warna-warni dimana dihidupi lebih dari 390 spesies terumbu karang.  Untuk dapat singgah ke Taman Laut Bunaken yang juga bagian dari Taman Nasional Bunaken ini, Anda perlu menyewa sebuah speed boat atau perahu motor dari pelabuhan Kota Manado dengan jarak tempuh kurang lebih sekitar 40 menit dan biaya masuk seharga Rp.25.000/orang.

Keindahan Taman Laut Bunaken Manado

Selain disuguhkan dengan pemandangan ekosistem terumbu karang yang sangat mempesona, di Taman Laut Bunaken Manado juga menyimpan banyak biota laut lain diantaranya berbagai spesies ikan seperti ikan kuda gusimi lokal, lolosi ekor kuning, nila gasi, goropa, koi putih dan lain sebagainya. Bukan banya itu, penyelam juga dapat menemukan berbagai spesies moluska diantaranya kima raksasa, nautilus, askidian atau tunikates dan ikan kepala kambing serta reptil hingga mamalia laut dan satwa laut lainnya.

Yang semakin membuat decak kagun para penyelam di Taman Laut Bunaken adalah kehadiran terumbu karang terjal atau yang biasa disebut hanging walls yang beridiri melengkung secara vertikal sedalam 25 sampai 50 meter. Dinding-dinding karang raksasa ini juga berfungsi sebagai sumber makanan bagi biota laut terutama ikan-ikan yang berada di perairan sekitar Pulau Bunaken.

Bukan hanya terkenal akan kehidupan bawah lautnya saja,  Taman Nasional Bunaken juga ditempati oleh beberapa spesies satwa darat diantaranya rusa, kuskus dan kepiting, lobster, moluska serta burung laut yang menempati hutan mangrove di taman ini. Dengan total sekitar 20 titik penyelaman, bagi mereka yang hobi atau menyekuai scuba diving maupun snorkeling, Taman Laut Bunaken merupakan tempat patut bahkan wajib untuk dikunjungi. Jika memang Anda akan megunjungi Bunaken, pastikan untuk berkunjung sekitar bulan Mei – Agustus dikarenakan bulan-bulan tersebut merupakan waktu terbaik untuk menjelajahi keseluruhan Taman Laut Bunaken Manado yang indah dengan keanekaragaman biota laut yang sungguh menakjubkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *