Supreme Kabel: Tips dan Perawatan Kabelnya

supreme cabel merahSupreme adalah salah satu merk kabel yang paling populer di Indonesia. Mengapa Supreme begitu populer? Banyak keuntungan yang didapat dengan menggunakan kabel listrik merk ini. Selain memiliki standar teknologi jepang, kabel Supreme juga awet dan kuat. Terlebih lagi, Supreme telah banyak menyediakan berbagai jenis dan ukuran sesuai dengan kebutuhan kabel listrik.

Selain menggunakan dan memasang instalasi kelistrikan, tentunya kita harus pandai menghadapi kelistrikan di rumah maupun berbagai tempat tinggal kita. Tentang bagaimana merawat berbagai alat listrik, adalah hal dasar yang harus diketahui setiap orang. Ini karena tidak ada tempat yang tidak memanfaatkan kelistrikan sehari-hari. Bahkan banyak orang yang telah melakukan berbagai macam trik perawatan kabel untuk menjaga keawetan kabel.

Perawatan kabel sangat penting karena kabel adalah tempat mengalirnya arus listrik. Semakin besar kabel, maka arus yang mengalir semakin besar juga. Semakin panjang kabel, maka arus listrik juga semakin menempuh jalan yang panjang. Karena itulah kita harus selalu berhati-hati dan merawat kabel dengan baik. Perawatan kabel yang baik bisa menjauhkan kita dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Inilah beberapa tips instalasi kabel di rumah agar bahaya kelistrikan dapat dicegah :

  • Memasang instalasi listrik dengan tepat.

Ketepatan memasang instalasi suatu bangunan tergantung dari perancangnya. Seorang perancang atau arsitek bangunan biasanya telah merancang bagaimana instalasi kelistrikan pada bangunan tersebut. Jika anda membuat rumah dengan seorang arsitek, maka anda tidak perlu khawatir atas ketepatan instalasi listrik rumah anda. Namun jika anda tidak memiliki perancang untuk ini, undanglah orang yang ahli dalam instalasi kelistrikan. Bagaimana menyiasati pemasangan berbagai komponen listrik seperti kabel, saklar, bahkan hingga detail ke alat elektronik rumah, sebaiknya anda diskusikan dengan orang yang tepat.

  • Peralatan elektronik yang sesuai

Jangan sampai anda salah membeli alat elektronik. Misalnya rumah anda terpasang voltase 110 V, tapi anda membeli kulkas dengan voltase 220 V. Tentu saja kulkas anda tidak akan bekerja dengan baik. Jika peralatan elektronik terpasang pada tegangan yang tidak sesuai, tentu saja bisa merusak alat elektronik tersebut. Pastikan peralatan elektronik rumah anda sesuai dengan instalasi listrik rumah anda.

  • Memeriksa secara rutin

Pemeriksaan rutin merupakan salah satu bagian dari perawatan. Maksimal setahun sekali lakukanlah pemeriksaan instalasi listrik rumah anda. Jika anda tidak bisa melakukannya sendiri, lakukan dengan tukang listrik atau orang yang ahli dalam kelistrikan. Anda juga bisa meminta tolong langsung jika anda tidak cukup mengerti. Dengan melakukan pemeriksaan listrik secara rutin, maka anda segera tahu bagian mana yang perlu diperbaiki agar tidak membahayakan dan bisa berfungsi maksimal kembali.

Baca juga :

  1. Kabel UTP outdoor
  2. Harga kabel belden 1 roll
  3. Harga kabel listrik bawah tanah
  4. Kabel UTP outdoor
  5. Harga kabel listrik per-meter
  • Gantilah instalasi listrik 

Mengganti instalasi listrik rupanya sangat diperlukan pada bangunan yang sudah tua. Disarankan melakukan penggantian instalasi listrik setelah usia 5 tahun. Memang terdengar boros, namun mengganti instalasi listrik sangat diperlukan terutama pada usia instalasi yang sudah tua. Ini akan mengurangi bahaya atas kerapuhan kabel-kabel listrik yang telah terpasang.

  • Menggunakan jasa instalatir resmi

Ternyata meminta tolong ahli kelistrikan pun harus memilih. Pilihlah ahli listrik yang telah terdaftar sebagai anggota AKLI (Asosiasi Kontraktor Listrik Indonesia) untuk instalasi listrik bangunan anda. Memang akan sedikit lebih mahal, tapi keamanan dan standarnya jelas bagus dan aman.

Selain melakukan langkah-langkah di atas, ada beberapa tips untuk merawat listrik yang bisa dilakukan oleh siapapun di rumah anda.

  1. Menggunakan sekering yang sesuai dengan daya listrik rumah.
  2. Mengganti ELCB dengan GFI tau RCD. Fungsi alat tersebut sama seperti sekering. Namun alat ini juga berfungsi memutus arus ketika ada orang yang tersetrum atau konslet.
  3. Hindari menumpuk stop kontak pada satu sumber atau satu colokan.
  4. Jangan sampai kabel listrik rumah terkelupas.
  5. Jauhkan peralatan listrik dari jangkauan anak-anak. Seperti stop kontak, kabel, dan saklar.
  6. Memakai peralatan listrik berlabel SNI.
  7. Memangkas pepohonan sekitar rumah yang bisa menghalangi kabel PLN.
  8. Jangan memasang antena TV terlalu tinggi karena bisa mengganggu dan mengenai kabel PLN sekitar rumah.
  9. Jangan mencantol sumber arus dengan cara ilegal karena selain melanggar, itu juga merupakan hal yang membahayakan.
  10. Jangan merubah-rubah KWH meter untuk memanipulasi data.
  11. Memasang grounding dengan benar dan mandiri pada beberapa alat elektronik seperti kulkas, mesin cuci, pompa air, dan sebagainya.

Itulah beberapa hal penting yang harus anda lakukan untuk instalasi listrik rumah anda. Dengan melakukan hal-hal tersebut, anda akan tercegah dari bahaya listrik. Yang penting adalah belilah dan gunakanlah peralatan listrik yang original. Jika anda membeli peralatan listrik dari kami, kami menjamin kualitas dan original kabel-kabel dan peralatan listrik yang kami sediakan. Jangan ragu untuk menghubungi kami untuk keamanan rumah anda dari bahaya kelistrikan.

, , , , ,
Hubungi Kami
kontak

TokoKabel.co.id

Mal Taman Palem lt.2 blok C no.65
JL. Kamal Raya, Cengkareng, RT.13/RW.10, Cengkareng Timur, Cengkareng, Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11730
Phone : 021 - 54352156
Call / Sms : 082113900880